Kabinet Kuwait Mundur
29 November 2011
Banyak KTP Ganda di Balikpapan
29 November 2011

Pendatang Kena Retribusi Penduduk

Balikpapan –

DPRD Kota Balikpapan meminta Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan melakukan evaluasi terkait kebijakan managemen kependudukan. Hal itu karena kekuawatiran membengkaknya anggaran akibat pertambahan penduduk.

Karena itu dewan meminta Pemkot Balikpapan mesnyiasatinya dengan mengintensifkan penarikan pajak dan retribusi. Sehingga kekuatiran akan membengkaknya anggaran dapat teratasi

“Mereka (penduduk) tinggal di Balikpapan, memiliki mata pencaharian, maka mereka termasuk wajib pajak sesuai dengan porsi dan kualifikasinya,” kata Ketua DPRD Kota Balikpapan Andi Burhanuddin Solong.

Apalagi kata Andi, jika mereka mempergunakan dan menikmati semua fasilitas yang disediakan Pemerintah Kota maka sudah sewajibnya pula dikenakan retribusi. Khususnya penduduk yang telah tinggal dan bekerja di Balikpapan.

“Kan mereka tinggal di Balikpapan sudah pasti menggunakan semua fasilitas yang disediakan pemerintah, jadi sudah bisa dikenakan retribusi. Jelas mereka tinggal dan bekerja di Balikpapan,” terangnya. Vialausteptica

Begitupun sebaliknya kata Andi, apabila melanggar undang–undang, domain Kepolisian untuk menindak dan ketika melanggar peraturan daerah (perda) maka akan ditertibkan oleh Satpol PP.

“Karena itu jika kita cerdas merekayasa sistem, dan konsisten mengoperasikan sistem sesungguhnya besarnya jumlah penduduk akan sama dan sebangun dengan kemanfaatannya,” tandasnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *