“Belum ada kejelasan soal kantor itu, soalnya kesiapan personil SDM dan organisasi tatalaksana BPKAD. Karenanya memang akan sulit pencapaian meraih penilaian WTP dari BPK,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Syukri Wahid.

Karena itu kata Syukri, untuk bisa mencapai target itu, sangat tergantung pada Pemkot Balikpapan untuk melakukan percepatan pengajuan personil dan anggaran BPKAD. “ Sebab payung hukum dan komitmen kedua belah pihak sudah ada tinggal kita tunggu segera pemerintah ajukan anggaran,” ungkapnya.

Menurutnya keberadaan BPKAD akan berbeda dengan Bagian Perlengkapan. Karena BPKAD akan mengurusi keuangan dan aset pemerintah kota secara keseluruhan. Sedangkan Bagian perlengkapan hanya mengurus aset dan perlengkapan di sekretariat Pemkot Balikpapan.

“Memang persoalan aset dan pengelolaan keuangan menjadi salah satu kendala bagi Pemkot termasuk daerah lainya dalam pencapaian penilaian BPK yang lebih baik seperti meraih WTP,” sebutnya.

Ia pun memperkirakan, BPKAD paling cepat berfungsi mendekati pada jelang akhir tahun 2012. “ Mungkin pada pembahasan APBD P 2012, yang mulai pembahasan pada Juni 2012,” tandasnya.