Driver Online Tutup Paksa Maxim Balikpapan
1 August 2019
Sidang Gugatan Warga Tumpahan Minyak Dibuka
2 August 2019

Desa Sumber Inovasi Produk Ekonomis

NewsTenggarong –

Banyaknya potensi desa dapat dijadikan sebagai sebuah torobosan baru untuk menciptakan berbagai inovasi dengan memunculkan produk-produk bernilai ekonomis.

“Inovasi dan kreativitas untuk membangun desa harus dilakukan dimulai dengan menciptakan usaha baru berupa kerajnan dan lainnya yang dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat secara ekonomis,” kata Sekda Kukar Sunggono saat meninjau pameran Bursa Inovasi Desa Klaster Tenggarong, Tenggarong Seberang, Sebulu dan Muara Kaman, di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, pekan lalu.

Menurut Sunggono, terbangunnya desa melalui kegiatan dalam bentuk inovasi dapat mengangkat potensi-potensi di setiap desa, sehingga mandiri dan mendongkrak ekonomi masyarakat setempat.

“Saya melihat dari beberapa inovasi yang ditampilkan pada bursa inovasi sudah memperlihatkan potensi desa yang dikelola dengan baik, mulai dari kerajinan rumah tangga, ukir-ukiran meja, kursi hingga produk kerajinan lainnya bernilai tambah bagi masyarakat,” ujarnya.

Sunggono juga berharap dari bursa inovasi, setiap desa dapat mengembangkan inovasinya sesuai kaedah-kaedah inovasi yang memenuhi kebutuhan desa setempat.

“Saya berharap potensi desa dapat dimanfaatkan dengan baik sesuai kaidah inovasi dan kebutuhan desa, sehingga upaya peningkatan itu dapat berbuah ekonomis bagi masyarakat. Inilah bagian dari konsep kemandirian yang harus dikembangkan dalam upaya mengurangi ketergantungan pada pendapatan daerah yang berasal dari migas,” harapnya.

Diketahui, Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawa Cita Pemerintah dalam upaya mencapai RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2015-2019.

PID dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas Desa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang selanjutnya disebut Desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan Desa secara berkualitas, agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang efektif dan inovatif dan memiliki daya saing. ADV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *