Persiba1Balikpapan –

Persiba Balikpapan menjamu Barito Putra Banjarmasin dalam lanjutan kompetisi Liga Super Indonesia di Stadion Parikesit Balikpapan, Kamis (28/3). Laga derby borneo ini dijamin seru sarat gengsi mengingat tim ‘Beruang Madu’ wajib hukumnya mengamankan laga kandang.

Sudah jadi rahasia umum kedua tim ini selalu bersaing jadi yang terbaik di Kalimantan sejak zaman Perserikatan. Sehingga, bukan tidak mungkin pertandingan akan berlangsung keras.

Sebagi tuan rumah Beruang Madu julukan Persiba, tidak ingin kehilangan muka dihadapan ribuan pendukungnya yang dipastikan akan menyaksikan laga tersebut. Kemenangan pun menjadi wajib direngkuh Mahmoud El Al dkk.

“Seluruh pemain punya motivasi yang bagus, karenanya sudah tentu kami optimis akan meraih kemenangan, itu sudah menjadi target kita,” kata pelatih Persiba Herry Kiswanto.

Namun persiapan Persiba menjelang derby panas tersebut, bukan tanpa problem. Pasalnya, lini tengah Persiba dipastikan tidak akan diperkuat Patrice Nzekou. Mantan pemain PSPS Pekanbaru musim lalu itu, harus absen menjalani sanksi larangan sekali bermain akibat akumulasi kartu kuning yang diterimanya.

Namun Herrry Kiswanto mengaku tidak khawatir, karena ada beberapa pemain yang memiliki kualitas bagus untuk menggantikan peran Patrice. Beberapa pemain itu yakni Alfian Habibi dan Bachtiar, yang akan mendamping Luca Savic dilini tengah.

“Patrice memang tidak bisa main, tapi saya sudah menyiapkan pemain pengganti, memang kehadiran Patrice memiliki kekuatan dilini tengah, tapi saya yakin pemain yang akan menggantikan bisa menggantikan peran dia,” ucapnya.

Selain Patrice, stopper tangguh Absor Fauzi juga terancam absen. Pasalnya, absor mengalami cedera paha. Karenanya dikhawatirkan pemain tersebut, kemungkinan bisa absen pada laga penting itu. Namun dia berharap Absor bisa pulih, sehingga bisa tampil.

“Otot pahanya tertarik, kami berharap bisa pulih, karena saat ini masih proses pemulihan,” sebutnya.

Jika Absor absen, Herry Kiswanto sudah menyiapkan beberapa nama diantaranya Yudi Khoeruddin dan Anggi.

Dilini depan duet striker asal Lebanon trio Mahmoud El Ali, Moustapha El Kassa akan tetap menjadi andalan untuk mengoyak gawang Barito. Kedua pemain itu akan ditopang penyerang muda Frengky Turnando yang belakangan menunjukkan permainan cantik.

Persiba masih tertahan di peringkat klansemen 15 klansemen Liga Super Indonesia lewat pengumpulan 13 poin dari 11 kali pertandingan. Sebaliknya, Barito Putra masih kokoh peringkat 6 klansemen dengan 18 poin dari 11 kali pertandingan.

Pertandingan kandang terakhir, Persiba harus dipermalukan Gresik Unitede skor 1 – 2 di Stadion Parikesit. Tertahan di zona merah degradasi menyebabkan pelatih Herry Kiswanto sempat mengajukan pengunduran diri.