jalan 2XBalikpapan –

Pemerintah Kota  Balikpapan Kalimantan Timur memangkas hingga 30 persen seluruh biaya perjalanan dinas pejabat hingga pegawai negeri sipil di lingkungannya. Pemangkasan ini berdasarkan evaluasi konsumsi anggaran tahun sebelumnya.

“Setelah beberapa tahun yang lalu kita evaluasi, walikotamembuat kebijakan untuk tahun 2013 ini,” kata Sekretaris Kota Balikpapan Sayid MN Fadly, Senin (21/1).

Sayid mengatakandilakukan dimasing-masing anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Kita mencoba melihat lebih dalam kepentingan yang dilakukan masing-masing SKPD itu, kaitannya dengan perjalanan dinas,” terangnya.

Menurutnya, pemangkasan itu untuk lebih mengefisiensikan anggaran, khususnya yang dianggap tidak terlalu penting. “Pemangkasan perjalanan dinas itu,khususnya yang dianggap tidak penting, dan bisa dilakukan melalui koordinasi lewat telephone,” imbuhnya.

Termasuk kata Fadly, terkait konsultasi ke Pemerintah Pusat yang biasa dilakukan 3 hingga 4 pegawai, kini cukup 1 pegawai . “Jadi memang sekarang tidak harus banyak, cukup 1 pegawai saja, kalau konsultasi, kita juga lihat seberapa pentingnya konsultasi itu,” tukasnya.

Ia menambahkan, anggaran perjalanan dinas yang dipangkas tersebut, dialihkan untuk kegiata-kegiatan yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Seperti diketahui, Tahun 2013 APBD Kota Balikpapan mencapat Rp 2,5 triliun, dimana sekitar Rp 1,2 triliun dialokasikan untuk belanja langsung dan Rp 840 miliar untuk belanjat tidak langsung.