News Balikpapan –

PT PLN Kalimantan Timur – Utara sudah menjangkau sejumlah daerah terpencil Melak Kutai Barat. Kawasan ini sebelumnya memang minim suplay listrik mengingat kondisi geografisnya yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

“Aliran listrik PLN sudah menjangkau hingga Melak di Kutai Barat,” kata General Manager PLN Wilayah Kaltimra, Riza Novianto Gustam, Jumat (23/2).

Riza mengatakan, PLN membangun PLTD kapasitas daya 17 x 1 MW di Melak. Sebanyak delapan unit pembangkit listrik ini sudah mulai dioperasikan mengaliri kawasan terpencil.

Sembari perakitan sembilan unit pembangkit listrik sisanya, Riza menyebutkan, petugas lapangan melakukan instalasi kabel jaringan. PLN menargetkan perakitan pembangkit maupun jaringan sudah tuntas memasuki bulan Maret nanti.

Saat sudah beroperasi sepenuhnya,  sistim listrik Melak memiliki daya mampu sebesar 19,2 MW dengan beban puncak 11,5 MW. Daya listrik sebesar ini mampu melayani hingga 30 ribu pelanggan rumah tangga di Kutai Barat.

“Selama ini disuplai oleh PLTD Sendawar yang berlokasi di Desa Sendawar, Kutai Barat. Dengan bertambahnya tujuh belas unit mesin baru, sistem Melak dipastikan memiliki daya yang cukup,” paparnya.

Sementara ini sehubungan adanya suplay daya listrik baru ini, Riza menargetkan, PLN mampu melayani tambahan 10 ribu pelanggan baru di kawasan pedalaman.

Riza melanjutkan bahwa sesaat setelah ketujuh belas mesin tersebut beroperasi, pihaknya akan memindahkan mesin existing kedaerah yang masih membutuhkan. Sementara ini masih tersedia 1 unit mesin listrik daya 500 kW milik Pemkab Kutai Timur dan dua unit mesin listrik daya 2 x 500 kW milik PLN yang dipersiapkan di daerah terpencil.

Bukan perkara mudah memobilisasi proyek listrik ke daerah terpencil. Tantangan medan dihadapi adalah minimnya sarana prasarana pendukung darat maupun jalur transportasi sungai.

“Ketujuh belas mesin ini dikirim lewat jalur laut, berpindah melewati jalur sungai untuk bersandar di dermaga pelabuhan Melak, hingga akhirnya diangkut dengan jalur darat untuk diletakkan di PLTD Sendawar,” ujarnya.

PLN sudah bertekat menerangi seluruh pelosok nusantara khususnya di kawasan terpencil. Wilayah Kalimantan, PLN terus berbenah dan berkomitmen untuk mewujudkan Kalimantan benderang.

“Mohon dukungan dari seluruh pihak agar workplan dan proyek-proyek pengembangan infrastruktur ketenagalistrikan di Kalimantan senantiasa berjalan lancar,” tuturnya.