Andi Burhanuddin Solong

Andi Burhanuddin Solong

Balikpapan –

Menapaki kehidupan termasuk karir politik harus dilakukan berjenjang seperti layaknya menaiki anak tangga. Jalan politik itu yang akan dilakoni Ketua DPD Golkar Balikpapan Andi Burhanuddin Solong yang juga ketua DPRD Balikpapan.

Setelah dua periode sebagai Anggota DPRD juga Ketua DPRD Balikpapan, mulai 2014 mendatang,  Andi Burhanuddin Solong yang akrab disapa ABS akan hijrah  atau naik kelas.

Politisi senior ini dipastikan akan berjuang menuju DPRD Provinsi. Legislator kelahiran Malinau ini telah mendapat rekomendasi dari pimpinan soal langkahnya menuju Karang Paci. ABS membidik kursi DPRD Kaltim dengan mengambil daerah pemilihan (dapil) 2, yang meliputi Kota Balikpapan.

Langkah maju ke provinsi sudah mendapat dukungan dari DPD Partai Golkar Provinsi Kaltim melalui surat yang diterima beberapa hari lalu. Sebelumnya ABS juga  juga menerima surat dari DPP Partai Golkar, yang berisi dukungan untuk maju ke DPR pada Pemilu 2014.

“Saya ada terima dua surat dari Pusat maupun dari Provinsi. Pusat meminta saya untuk dicalonkan di Senayan, tetapi saya berkeyakinan kalau Bung Mayuddin maju menjadi calon DPR Pusat maka saya mundur, saya lebih baik masuk DPRD Provinsi,” ungkap Ketua DPD Golkar Balikpapan ini.

ABS sendiri mengaku tidak pernah menjalin komunikasi dengan Mahyuddin, yang saat ini duduk di kursi DPR RI. Namun kabar yang ia terima, mantan Bupati Kutai Timur itu tetap akan mencalonkan diri dalam Pemilu 2014.

“Tadinya kalau dia tidak maju, maka saya akan ke DPR Pusat. Tapi yang saya dengar dia maju, makanya saya memilih mundur dan maju ke provinsi,” terangnya.

ABS juga menyatakan, kalau niatnya maju di DPRD Kaltim tidak lain untuk menjadi perwakilan rakyat dari Kota Balikpapan. Karena selama ini dia mengangap caleg yang telah duduk di Kaltim menggunakan dapil Balikpapan belum mampu membawa perubahan kehidupan masyarakat, utamanya dalam penyediaan fasilitas umum seperti jalan, sarana pendidikan, kesehatan, dan lainnya.

“Kita dapat melihat di Balikpapan, sangat jarang mendapatkan perhatian khusus apalagi itu terkait sarana fasilitas umum,” tandasnya.

Ia berharap dapat terpilih sehingga  nantinya kelak di DPRD Kaltim akan membawa perubahan besar terhadap kehidupan masyarakat, apalagi dia berkeinginan agar di daerah Balikpapan nantinya dapat dijadikan sebagai pusat kota jasa dan industri. “ tolong doa dan dukungan, kita akan berusaha maksimal perjuangkan aspirasi masyarakat Balikpapan khususnya dan Kaltim umumnya,” tukasnya.