Polisi Amankan Ratusan Suku Malaysia
28 November 2014
Malaysia Siap Beri Kewarnageraan Manusia Perahu
28 November 2014

Buluminung Pusat Kawasan Industri di PPU

Industri otomotif JepangNewsPENAJAM –

Kelurahan Buluminung, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), merupakan kawasan industri yang telah disiapkan oleh Bupati PPU, Drs. Yusran Aspar, Msi sejak kepemimpinannya di PPU. Buluminung dipilih  karena dinilai memiliki kekayaan SDA cukup tinggi dan letaknya sangat strategis.

Berbagai  pembangunan juga telah ada disana, seperti pelabuhan Benua Taka, Industri Galangan Kapal, Pelabuhan CPO dan sebagainya. Dalam waktu dekat rencananya pembangunan Indonesian Marine Science and Technology Park (IMSTeP) atau  Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan (Puspitekla) oleh Kemenristek RI dengan nilai lebih kurang Rp30 triliun juga akan berdiri di kawasan Buluminung, bahkan Jepang juga melirik Kaltim sebagai pusat pengembangan industri automotif skala besar. Lokasi yang dipilih adalah Kawasan Industri Buluminung, Kabupaten PPU, seperti yang diungkapkan Bupati Yusran Aspar beberapa waktu lalu.

“Langkah-langkah pemerintah daerah untuk percepatan sebagai fasilitas penunjang kawasan industri buluminung juga terus dilakukan. Diantaranya seperti melalui pembuatan dan pelebaran jalan sebagai sarana penghubung, pembebasan lahan dan sebagainya. Sehingga pembangunan kawasan industri buluminung cepat berkembang, “ ungkap Yusran.

Dijelaskan Yusran, karena dinilai memiliki SDA cukup tinggi, maka kita tidak perlu kesulitan mencarikan insvestor. Dengan sendirinya banyak investor memilirik daerah tersebut, guna dijadikan sebagai lokasi berinvestasi, baik dalam hal pertambangan, pelabuhan, industri kapal  bahkan sebagai lokasi riset Kementrian kelautan  dan Teknologi yang merupakan salah satu kawasan perairan terbaik di Indonesia sebagai kajian terseut. Nantinya buluminung juga dapat dijadikan sebagai kawasan zonasi ekonomi selatan Kaltim.

“Beberapa investor yang sudah melirik untuk berivestasi di daerah tersebut jika ditotal nilai investasinya mencapai Rp50 triliun dan tentunya selain meingkatkan investasi daerah, juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat PPU daerah sekitarnya, “ terang Yusran.

Ditambahkan Yusran,  dipilihnya Buluminung  sebagai kawasan industri tentu-nya berdampak positif bagi terwujudnya pembangunan perekonomian daerah. Dan kedepan kawasan ini disinergikan  dengan Kawasan Industri Kariangau (KIK) yang terletak di seberangnya di Teluk Balikpapan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *