Agar Penyandang Disabilitas Lebih Berkarya
30 October 2017
Awas, Perusahaan Bandel Kena Sikat
6 November 2017

Bisnis Properti Cemaskan Gejolak Politik Kaltim

NewsBalikpapan –

Bisnis industri properti di Balikpapan Kalimantan Timur cemas stabilitas politik jelang rentetan pesta demokrasi lokal maupun nasional. Gejolak politik kerap dikaitkan dengan minat daya beli masyarakat investasi asset sektor properti dan perumahan.

“Kami sudah harap harap cemas kondisi politik di Kaltim dan nasional,” kata Head PT Sinar Mas Land, Erwin Anggianto di Balikpapan, Senin (30/10).

Erwin mengatakan,  Provinsi Kaltim menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) gubernur dan wakil gubernur pertengahan 2018 mendatang. Saat ini sudah bermunculan sejumlah bakal calon peserta pilkada Kaltim dari berbagai tokoh masyarakat setempat.

Belum lagi kelar eforia Pilkada Kaltim, Erwin menyebutkan, masyarakat Indonesia kembali disibukan dengan proses pemilihan legeslatif maupun presiden dan wakil presiden 2019 mendatang. Dua pesta demokrasi di Indonesia ini akan menyita perhatian mayoritas masyarakat.

Berdasarkan pengalamannya, Erwin memprediksi masyarakat cenderung berhati hati menanamkan investasi sembari menunggu tenangnya politik dalam negeri. Mereka akan menahan niatnya untuk menambah asset propertinya yang harganya lumayan mahal.

Sinar Mas Land merupakan salah satu perusahaan properti yang terdampak belum stabilnya iklim politik di Kaltim. Perusahaan properti ini berstrategi dengan menjangkau segmen pasar menengah Balikpapan yang butuh rumah.

“Kami menyiapkan perumahan Grand City yang menawarkan rumah rumah seharga Rp 600 juta,” ungkapnya.

Sinar Mas Land memang menjadi perusahaan pengembang beberapa kawasan perumahan elit di Kaltim. Salah satunya perumahan Balikpapan Baru yang menawarkan perumahan seharga minimal Rp 1,5 miliar.

“Kalau sekarang perumahan seharga Rp 1 miliar keatas sudah sulit pemasarannya. Kalau dulu zaman booming batu bara dan migas masih menjadi peluang menarik,” paparnya.

Strategi baru Sinar Mas Land ini membuat mereka mampu memasarkan rumah rumah Grand City Balikpapan. Mereka mampu memasarkan 75 persen total 145 unit perumahan Grand City Balikpapan.

“Pembelinya para executive muda perusahaan perusahaan yang sedang membangun keluarga baru,” tuturnya.

Sementara ini, Sinar Mas Land fokus pengembangan properti kalangan menengah guna menjangkau konsumen mayoritas di Kaltim. Perusahaan ini memprediksi ekonomi Kaltim sedikit membaik usai pagelaran pemilihan legeslatif dan presiden – wakil presiden nanti.

Erwin mengatakan, ekonomi Kaltim masih terdampak krisis global menyusul anjloknya harga komoditas batu bara dan minyak mentah. Pertumbuhan ekonomi Kaltim dalam proses pemulihan serta meningkatkan daya beli masyarakatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *