New Benakutai Hotel akan Gelar Pemagangan
15 April 2012
Setiap Tahun Penduduk Balikpapan Bertambah 15 ribu Jiwa
16 April 2012

Biaya Hidup di Balikpapan Mencapai Rp4,5 juta

Balikpapan – Kebutuhan hidup layak (KHL) di Kota Balikpapan diakui cukup tinggi. Bahkan hasil Survei yang dilakukan Mercer Indonesia 2008 silam, biaya hidup di Balikpapan menempati peringkat pertama se-Indonesia mengalahkan Jakarta dan Bekasi, pasca kenaikkan harga BBM. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Balikpapan menyebutkan biaya hidup kota Balikpapan per rumah tangga saat ini mencapai Rp4,5 juta per bulan,  dengan rata-rata per kapita hanya mencapai Rp 1,2 juta per rumah tangga per bulan.

Angka tersebut berdasarkan hasil survei kebutuhan hidup layak (KHL), untuk satu orang di Balikpapan bisa mencapai RP 1,8 juta per bulan. Dengan upah minimum kota (UMK) 2012 mencapai Rp1,250 juta.

“Biaya hidup tersebut, dapat dikategorikan bahwa Balikpapan tidak hanya mencatat angka tertinggi untuk biaya hidup di Kaltim, juga sebagai kota rmahal di Indonesia,” kata Ariyanti Kasi Sosial BPS Balikpapan.

Menurutnya, penyebab terbesar tingginya biaya hidup di Balikpapan adalah faktor inflasi yang cukup tinggi, jika diakumulasikan dalam 9 bulan terakhir dan biaya pendidikan yang tergolong mahal

“Dari survey dan pengumpulan data yang kami lakukan memang, sejumlah kepala keluarga ada yang mengeluhkan tingginya biaya hidup di Kota Balikpapan. Meski memang tidak semua dan hanya sebagian,” tuturnya.

Mengenai naik turunnya harga di sembako dan harga di pasar pasar tradisional, masih dianggap dalam kategori yang normal. Karena sepanjang Maret 2012 di Balikpapan inflasi hanya 0,25 persen. Kelompok bahan makanan, 0,68 persen, makanan jadi terjadi kenaikkan 0,48 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *