Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Balikpapan Suryanto berpendapat salah satu hal yang harus dilakukan untuk membantu merealisasikan kerja sama tersebut adalah dengan memperlancar rute transportasi antar wilyah.

“Saat ini baru MAS Wings yang masuk ke Kaltim melalui Tarakan dari Tawau wilayah timur. Sementara, AirAsia masuk ke Balikpapan dari Kuala Lumpur,” ujarnya saat mendampingi wakil Walikota Heru Bambang menerima konsul Malaysia Khairul Nazran diruangan Wakil walikota, Rabu (7/3).

Pemkot Balikpapan kata Suryanto berharap Maswing (Maskapai Penerbangan Malaysia) dapat memperluas rute dengan membuka penerbangan langsung dari wilayah timur Malaysia ke Balikpapan.

“Kalau rute tersebut sudah terbuka,  jelas sekalai  akan mempermudah terjadinya kerjasama. Selama ini sering menjadi kendala dalam kerja sama bisnis adalah masalah transportasi,” ucapnya.

Sementara itu Konsul Malaysia Khairul Nazam mengatakan pihaknya juga mengharapkan adanya rute baru dari Serawak ke Balikpapan. Sehingga  makin mempermudah akses pada kedua negara.

Khairul mengatakan akan segera menyampaikan informasi tersebut kepada MAS Wings yang menjadi operator penerbangan. “ Coba akan kita sampaikan pada MAswing yang juga merupakan bagian dari Malaysia Airline,” katanya,