MangroveNewsBalikpapan –

Provinsi Kalimantan Timur akan membangun Waduk Teritip Balikpapan yang diperkirakan menelan dana Rp 248 miliar. Pembangunan waduk diatas lahan 110 hektare dimulai pada pertenganan April 2014.

“Kontrak pemacangan tiang dilakukan April nanti,” kata Kasi Sumber Daya Air dan Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kaltim, Imam Chudori, Rabu (19/3).

Proyek pembangunan fisik bendung Waduk Teritip dilaksanakan PT Waskita Karya selaku pemenang tender. Pengerjaan proyek direncanakan tuntas selama tiga tahun kedepan.

Tahap pertama pembangunan lewat realisasi kontruksi fisik bendungan. Tahap ini sudah menelan dana hingga Rp 66 miliar berasal dari kas pemerintah pusat.

Pemkot Balikpapan harus menyiapkan total luas kawasan yang mencapai 285 hektare. Seluas 175 hektare diantaranya digunakan untuk kawasan genangan dan green walt (batas hijau).

Ketua DPRD Balikpapan, Andi Burhanuddin Solong meminta warga mendukung pembangunan Waduk Teritip ini. Karena itu kepada masyarakat yang masih memiliki lahan diminta keikhlasan/kerelaan untuk melepas lahan demi kepentingan umum.

“Saya minta masyarakat untuk melepaskan karena ini untuk kepentingan umum,” ujarnya.

Burhan mempersilahkan bagi warga yang belum terselesaikan lahanya diminta untuk datang kerumah dinas untuk dicarikan jalan terbaik penyelesaikan. Dia mengatakan Waduk Teritip nantinya untuk memenuhi kebutuhan air baku masyarakat Balikpapan.