Balikpapan Ajukan Permohonan Dana ke Provinsi Kaltim
13 April 2012
Hati-hati dengan Perusahaan Penyelenggara Haji
13 April 2012

Baru 32 Usaha SBW yang Terdaftar

Balikpapan - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan terus melakukan sosialisasi Peraturan Daerah nomor 12 tahun 2010 tentang Pajak sarang burung walet kepada sejumlah pengusaha sarang burung walet di aula kantor pemerintah kota Balikpapan. Sosialisasi ini diikuti 120 pengusaha burung walet sementara jumlah bangunan walet diketahui berjumlah 385 bangunan.  “ Berdasarkan data DPKP, sebanyak 204 diketahui atau terdata pemiliknya. Dari jumlah itu sebanyak 153 SBW yang produktif sedangkan yang berijin baru 32 SBW,” ujar kepala Dispenda Oemy Facesly.

Sosialisasi katanya selain memaparkan soal hak dan kewajiban pengusaha walet juga bertujuan untuk meningkatkan pajak sarang burung walet tahun 2012,  mengingat target pajak sarang burung walet tahun ini sebesar Rp2,6 Miliar. “ Realisasi pertriwulan ini baru Rp29 juta,” katanya.

Dalam sosialisasi menghadirkan pembicara dari Dinas Pertanian Kelautan dan perikanan,  Dinas tata kota dan pemukiman  serta Badan Penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu (BPMP2T)

Potensi pajak sarang burung walet di Balikpapan cukup besar, namun kendala yang dihadapi pengusaha yakni pengurusan perizinan maupun izin mendirikan bangunan terutama soal persetujuan tetangga.

“Dalam perwali memang disebutkan ijin persetujuan tetangga depan ,kanan, kiri dan belakang tapi faktanya masyarakat sekitar  bangunan walet juga keberatan inilah yang menjadi persoalannya,” ungkapnya.

Karena itu pihaknya meminta kepada pengusaha untuk terus secara intens melakukan pendekatan kepada warga  secara musyawarah sesuai perda SBW dan Perwali sehingga ditemukan jalan keluar. “ Sambil berkordinasi dengan pihak perijinan dan DPKP,”imbuhnya.

Ia mengakui jika persoalan itu dapat terurai maka pencapaian pajak SBW sebesar Rp2,6 miliar dapat dicapai dengan baik

Sementara mekanisme penyetoran pajak sarang burung walet yakni dilakukan sendiri oleh pengusaha walet (self assistment). “ Dari panen sarang burung walet  dalam satu tahun bisa panen 2 hingga 3 kali,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *