Bencana banjir kali merendam puluhan rumah di perumahan Puri Mandastana akibat derasnya hujan di Balikpapan kali itu. Warga setempat, ibu Hairani mengatakan banjir merendam rumah dan tetangganya hingga se paha orang dewasa.

“Banjirnya masuk rumah, baru sekarang bisa surut,” tuturnya.

Hairani mengaku heran banjir kali ini sangat parah hingga puncaknya mampu menggenangi rumahnya yang sudah terbilang tinggi di kawasan. Baru kali ini, banjir menggenangi rumah rumah di kawasan perumahan Puri Mandastana Balikpapan.

“Mungkin karena derasnya hujan atau parit perumahan yang tersumbat,” paparnya.

Selain itu, saking derasnya hujan di Balikpapan berakibat longsornya kawasan perbukitan setempat yang terlokasi di Kelurahan Damai, Gunung Malang dan Martadinata. Salah satu warga Jalan Siaga Kelurahan Damai, Balikpapan, Jumha Setiawan mengaku rumahnya hancur akibat longsoran tanah yang terkikis air hujan.

“Rusak rumah saya akibat longsor, sehingga sekarang lagi memperbaikinya,” paparnya.

Berdasarkan laporan warga Balikpapan tercatat terdapat lima laporan bencana tanah longsor usai hujan deras ini. Kerugian masyarakat akibat bencana ini diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Bencana banjir dan longsor di Balikpapan sudah lama diprediksi akan terjadi menyusul kawasannya yang dikepung pertambangan batu bara milik Kabupaten Kutai Kartanegara, Samarinda dan Penajam Paser Utara. Kondisi pengupasan lahan yang berbukit bukit juga menjadi salah satu penyebab utama bencana longsor di Balikpapan.