KebakaranNewsBalikpapan –

Pemerintah Kota Balikpapan Kaltim mengoperasikan dua kantor Unit pelaksana Teknis (UPT) pemadam kembakaran. Lokasi pertama untuk kecamatan Balikpapan Tengah ada di kawasan Gunung Malang.
“Gunung Malang seberang Gajah Mada dekat UPT Metrologi. Januari siap kita operasionalkan,” ucap Kadis BPBK Abdul Aziz .

Aziz mengatakan selama ini, wilayah Balikpapan belum memiliki kantor pemadam kebakaran sehingga ditangani oleh UPT pemadam dari Balikpapan Utara dan UPT lainya.  Balikpapan Tengah termasuk wilayah padat penduduk seperti Keluruhan Gunung Sari Ilir, Karang Rejo, Karang Jati.

Selain kantor UPT pemadam diKkecamatan Balikpapan Tengah, BPBK pada pertengahan tahun 2014 diperkirakan akan mengoperasionalkan kantor pembantu UPT pemadaman di wilayah Balikpapan Barat tepatnya disekitar jalan 21 Januari, Kelurahan Baru tengah.

UPT Barat selama sudah operasional dan berkantor disekitar pasar Pandasari. Namun dibangunnya kantor pembantu UPT Baru Tengah karena ada usulan dari masyarakat yang  meminta agar dibangun pemadaman khusus di kawasan mereka karena wilayah padat penduduk yang sering terjadi kebakaran.

Disamping itu ada permintaan dibangun UPT pembantu di kawasan kilometer 12-15. Idealnya setiap kantor UPT Pemadam terdapat dua regu dan dua kendaran oeprasinal pemadam ditambah mobil tangki.  Namun lagi-lagi hal ini terbentur pada anggaran dan personil.

Saat ini BPBK memiliki personil SDM sebanyak 250 orang, diantaranya 180 orang merupakan petugas lapangan. BPBK juga hanya memiliki 8 kendaraan operasional pemadam dari 12 kendaraan.

“ Empat kendaran rusak, jadi sisa 8 saja yang bisa dipakai. Untuk tangki air ada 5 tapi rusak satu dan dua masih dalam proses pengurusan surat-surat. Kalau bicara alat yang kurang apalagi ada pemekaran kecamatan itu juga butuh pesonil dan kendaraan,” tukasnya.

Pencarian Populer:

lokasi pemadam kebakaran balikpapan