Rizal mengatakan sekolah tinggi di Kalimantan tertinggal kualitasnya dibandingkan sekolah sejenis yang dominan berada di Jawa. Akibatnya pelajar di Kalimantan musti terbentur biaya tinggi saat melanjutkan jenjang pendidikannya ke sekolah teknologi di Jawa.

Padahal sebagai pulau memiliki sumber daya mineral tinggi, menurut Rizal putra putra Kalimantan musti dibekali pengetahuan teknologi mumpuni. Penyediaan lapangan kerja mayoritas dipenuhi dari tenaga ahli lulusan sekolah di Jawa.

Sehubungan itu, Rizal sudah menyanggupi dengan menyiapkan lahan seluas 200 hektare sebagai lokasi berdirinya sekolah ITK nantinya. Kementerian Pendidikan mensyaratkan agar pemerintah daerah mampu menyediakan kebutuhan lahan sesuai spesifikasi berdirinya sekolah tinggi.

Saat ini, tim persiapan pembentukan ITK terus mengupayakan berdirinya dengan menerima masukan konsep hingga materi pengajarannya. Tim persiapan terdiri dari berbagai unsure seperti pemerintah daerah, hingga ITS Surabaya

Dalam aspirasinya, tim persiapan menerima permintaan masyarakat agar menggabungkan teknologi teknik dengan pertanian. yakni science, teknik dan pertanian. Usulan in akan disampaikan kepada Menteri pendidikan Nasional.

Rencananya awal 2013 fisik ITK sudah bisa terbangun minimal untuk gedung belajar, Laboratorium dan ruang administrasi. Berdasarkan aturan, syarat pendirian institut minimal 6 program studi.

Satu program studi harus ada enam dosen tetap. Misalnya jurusan Teknik mesin, elektro, industry ,sipil, lingkungan. Pendidikan teknik ini harus imbangi oleh pendidikan science seperti Matematika, Fisika dan Kimia.

 

Pencarian Populer:

institut teknologi kalimantan