MonorailBalikpapan –

Pemerintah Kota Dongying Cina dan Balikpapan Kalimantan Timur sepakat dalam pembangunan monorail di Balikpapan. Kesepakatan ini tertuang dalam letter of intent (LOI) masing masing pihak, Rabu (13/3).

“Jadi nanti yang investasi itu dari Pemerintah Dongying maupun swasta, untuk bangunan monorail, makanya kita mendangatangi, letter of intent,” kata Wakil Wali Kota Balikpapan, Heru Bambang.

Heru mengatakan pembangunan monorail tersebut, untuk mengurai kemacetan yang terjadi khususnya di jalan-jalan utama. “Itu harapan kita, supaya bisa mengurai kemacetan, karena sekarang kemacetan di Balikpapan kian dikeluhkan masyarakat khususnya jam-jam tertentu,” terangnya.

Dia mengatakan pembangunan monorail tersebut didasarkan pada ketertarikan Pemerintah Dongying. Rencananya monorail itu akan dibangun pada jalur-jalur sibuk. “Jadi tidak penumpukkan lagi kendaraan, karena memang jalan kita terbatas,” ujarnya.

Hanya saja kata Heru, Pemerintah Dongying akan mengkaji terlebih dalu pembangunan beserta rute yang akan dilalui.”Tahapannya dilakukan kajian dulu, dan kita akan membantu memfasilitasinya, sehingga proyek itu benar-benar terealisasi,” ucapnya.

Selain pembangunan monorail kata Heru, pihaknya juga berharap beberapa sektor lainnya juga mendapat perhatian Pemerintah Dongying. “Makanya kita akan menyampaikan draff usulan, selaian monorail, sector potensial lain yakni pariwisata, seni dan budaya serta pendidikan,” paparnya.

Heru menjamin, investor tidak akan kesulitan tersekait pembebasan lahan untuk pembangunan monorail itu. “Setelah mereka mengkaji lokasi dimana akan dibangun, kemudian draft nya akan di serahkan ke Pemkot, tentunya kita akan bantu untuk proses pembebasan lahannya, karena terkadang pembebasan lahan yang jadi kendala investor,” tuturnya.

Wali Kota Dongying Zhang Zui mengatakan kerjasama tersebut tentu akan menguntungkan kedua belah pihak, khususnya dalam mengembangkan ekonomi regional. Karenanya dia juga berharap, kerjasama tersebut, bisa terealisasi secepatnya.

“Dalam waktu dekat ada tim yang akan turun melakukan kajian, soal lokasi, kami senang bisa melakukan kerjasama ini, disamping itu kedepannya kita juga bisa kerjasama dalam sektor yang lain, bukan hanya terbatas monorail,” katanya.

Ketua DPRD Kota Balikpapan Andi Burhanuddin Solong juga berharap, pembangunan monorail tersebut, bisa mengurangi kepadatan kendaraan. “Jadi nanti masyarakat bisa memilih mana transportasi yang ideal dan cepat, kita sangat mendukung,” tukasnya.