Vasektomi Balikpapan Meningkat
8 December 2011
Manfaatkan Limbah Tahu Tempe Jadi Biogas
8 December 2011

Balikpapan Gandeng UGM Dalam Penarikan PBB

Balikpapan – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Balikpapan, melakukan kerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) untuk menarik pajak bumi dan bangunan (PBB) pada awal tahun 2012. Kerjasama tersebut terkait penyiapan perangkat IT, dimana nantinya menggunakan system informasi manajemen PBB menggantikan sistem Sismiop yang digunakan KPPP Pratama sebelumnya.

“Memang bedanya system informasi Managemen PBB versi UGM ini tidak dapat online ke pusat tapi system ini merupakan cikal bakal yang digunakan oleh pusat. Dari sisi anggaran juga lebih murah ketimbang model pusat,” kata Sekretaris Dispenda Balikpapan Jhoni.

Menurutnya, system informasi managemen PBB UGM ini sudah diterapkan dibeberapa daerah seperti Bali. Selain itu pemerintah pusat juga tidak melarang penggunaan system versi UGM tersebut. “Pusat memperbolehkan kita gunakan siste versi UGM,” terangnya.

Selain mempersiapkan perangkat system, Dispenda juga menyiapkan tenaga petugas yang kini tengah di sekolahkan Sekolah Tinggi Akutansi Negara  (STAN) dan Universitas Diponogoro (Undip).

“Ada 5 orang yang kita sekolah kan setingkat Diploma I untuk bidang penilain obyek di STAN, kemudian enam orang di Undip meraka, nantinya juga untuk menilai obyek PBB,” sebutnya.

Sementara mengenai alokasi anggaran pendidikan dan pelatihan ini, dari badan Kepegawaian daerah (BKD) kota Balikpapan. Sedangakan untuk proses pendataan PBB, Dispenda akan melibatkan seluruh Ketua RT.

sehingga tidak adanya terjadi tumpang tindih PBB dan berimbas pada penambahan objek pajak yang saat ini mencapai 170 ribu wajib pajak PBB. Pada tahun 2012 mendatang ditargetkan peningkatan  perolehan PBB ditargetkan dari Rp48 miliar menjadi Rp 54 milar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *