Penerimaan CPNS Balikpapan Diawasi KPK
13 September 2013
Jemaah Haji Meninggal di Embarkasi Balikpapan
13 September 2013

Balikpapan Buka Pendaftaran 123 CPNS

Para  pegawai negeri sipilBalikpapan –

Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil sebanyak 123 orang. Pendaftaran mulai dibuka 12 hingga 26 September 2013 ini.

“Sudah dibuka untuk umum,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Balikpapan, Tatang Sudirja, Jumat (13/9).

Tatang mengatakan Balikpapan membuka formasi tenaga pendidik atau guru dengan prosentase terbesar yaitu 55 persen disusul tenaga kesehatan 35 persen dan teknis fungsional keahlian khusus 10 persen.

Tes pertama penerimaan CPNS dimulai 3 November di sejumlah sekolah Balikpapan. Pendaftaran  dan pemberkasan CPNS bisa dilakukan lewat email hingga kantor Pos.

Para pelamar CPNS ini akan menjalani tes kompetensi dasar (TKD) ini meliputi tes wawasan Kebangsaan (TWK), tes karakteristik pribadi (TKP) dan tes intelegensia umum (TIU). Mereka yang lolos TKD ini bisa mengikuti tes selanjutnya yakni tes kompetensi bidang (TKB).

Untuk soal tes TKB ini semua berasal dari pusat melalui paniti seleksi nasional CPNS 2013. Pendistribusiannya akan dilakukan pada H-1 sudah diterima BKD kota/daerah.

Untuk pelaksaan tes kompetensi bidang (TKB) pelaksanaan waktunya ditentukan oleh masing-masing daerah dengan berkordinasi Kemendiknas dan kementerian kesehatan.

Seorang calon pelamar CPNS asal Tarutung, Tapanuli Sumatera Utara, Lia (23) mencoba nasib di Balikpapan untuk mengisi tenaga kesehatan. Ia tinggal bersama saudaranya yang telah menetap di Balikpapan sejak 1997 silam.

Lia mengaku pernah bekerja sebagai bidan selama 10 bulan di RSUD Porsea, Tapanuli Utara. Namun ia memilih mencari peruntungan di Balikpapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *