Kosgoro Kaltim Rekrut 800 Anggota Baru
18 December 2011
Barcelona Klub Nomor Satu Dunia
18 December 2011

Balikpapan Belum Menetapkan Proyek Multiyears 2012

Balikpapan -

Hingga kini Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan belum memutuskan proyek-proyek multiyears karena masih menunggu daftar isian Proyek daerah (Dipda) provinsi. Sejauh ini Pemkot Balikpapan baru menetapkan pembangunan RSUD sebagai proyek multiyear yang diajukan ke Pemerintah Provinsi Kaltim.

“Jadi kalau Dipda sudah, baru kita ajukan ke dewan untuk ditetapkan kemudian ke provinsi. Jadi memang kita menunggu Dipda provinsi ditetapkan,” kata Kepala Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Balikpapan Suryanto.

Jika sudah dipa sutuh turun, Pemkot Balikpapan baru bisa menentukan proyek multiyears tersebut. Seperti proyek pembangunan RSUD yang diperkirakan akan memakan anggaran sebesar Rp87 miliar dan baru akan dibangun tahun 2012.

“Jadi memang belum ditentukan karena masih menunggu dipa dari provinsi. Berapa sih kira-kira alokasinya, termasuk untuk RSUD kita ini nanti  ada lagi nggak bantuanya,” terang Suryanto.

23 Desember recananya aka nada rapat kordinasi (rakor) antara Pemerintah Provinsi Kaltim dengan Kabupaten dan Kota terkait penjelasan dipa provinsi. “Disitu kita baru tahu apa saja proyek-proyek provinsi dan proyek-proyek bantuan-bantuannya,” katanya singkat.

Sebelum Ketua DPRD kota Andi Burhanuddin Solong masih menunggu pihak pemkot untuk pembahasan sejumlah proyek-proyek yang akan ditetapkan menjadi proyek multiyear.

 “ Untuk stadion belum masuk, kita tunggu dari pemkot. Ini harus segera karena kalau pelaksanaan proyek terhambat anggaran karena belum dimultiyearskan bisa dituntut kita sama kontraktor pembangunan,” katanya

Anggaran 2012 yang ditetapkan provinsi kaltim sebesar Rp10,2 Trilyun. Pengajuan pemkot kepada provinsi untuk bantuan pembangunan infrasktur, kesehatan, social mencapai Rp920 miliar namun alokasi bantuan provinsi sebesar Rp278 miliar.

“Jumlah itu masih kecil seharusnya 1 Trilyun minimal mengingat Balikpapan sebagai pintu gerbang dari  provinsi Kaltim,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *