Tari suku KalimantanNewsBalikpapan –

Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur membangun kota khusus wisata di Kelurahan Teritip di wilayah timur. Balikpapan bertekat jadi kota tujuan wisata untuk ditawarkan pada wisatawan domestic dan mancanegara.

“Kita nanti akan jual konsep desa wisata ini pada wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Balikpapan Syaiful Bahri, Rabu (6/11).

Syaiful mengaku sedang mendata potensi obyek wisata dan keragaman masyarakat Kelurahan Teritip. Potensinya ini nantinya akan disenerjikan dengan agenda kegiatan wisata di Balikpapan.

“Nanti akan dijual teman-teman ASITA dann PHRI,” ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini pemahaman masyarakat, terkait sadar wisata dirasa masih kurang. Sehingga sengaja mendatangkan Ketua Desa Wisata Seluruh Indonesia yang sukses mengembangkan Desa wisata di Jogyakarta, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat,  pentingnya sadar wisata.

Kata dia, ada beberapa potensi wista yang dimiliki masyarakat dan bisa dikembangkan menjadi obyek wisata. Hanya saja masyarakat tidak paham bagaimana mengembangkannya potensi itu menjadi wisata yang bisa menghasilkan pendapatan.

Dari beberabagi potensi wisata itu, kemudian akan dikemas menjadi wisata unggulan di Desa teritip itu.  Desa Wisata lanjutnya, bisa menghasilkan pendapatan yang cukup besar bagi masyarakat, seperti Desa Wisata di Jogyakarta yang terbaik di Indonesia.

Diakuinya, masih ada beberapa sarana dan fasilitas yang harus dipenuhi, untuk mendukung pengembangan desa Wisata itu, khususnya untuk homestay bagi wisatawan yang berkunjung.