Pemkot Balikpapan

Pemkot Balikpapan

Balikpapan –

Memeriahkan HUT Kota Balikpapan yang jatuh pada  10 Februari mendatang, Lembaga Adat Kutai Balikpapan kembali akan menggelar Pesta Erau Balikpapan. Pesta Erau tersebut akan berlangsung selama 10 hari dan akan dimulai pada 6 Februari mendatang.

“Kita memang akan memeriahkan HUT Balikpapan dengan menggelar Pesta Erau selama 10 hari, di Pantai Benua Patra. Kita bekerjasa dengan Dewan Kesenian Kota Balikpapan, Sanggar Tari maupun ASITA Balikpapan,” kata Ketua Lembaga Adata Kutai Balikpapan Abdul Rahim.

Menurut Rahim, nilai-nilai yang akan ditampilkan pada Pesta Erau itu, yakni “Beluluh Sultan” yang merupakan merupakan salah satu adat sakral. “Karena memang dari sisi budaya, wilayah Balikpapan merupakan wilayah kepatihan yang tetap di bawah kerajaan Kutai,” ucapnya.

Rencananya kata Rahim, Pesta Erau tersebut, akan dibuka Sultan Kutai dari Tenggarong. “Karena memang sudah begitu, tidak bisa diwakilkan harus yang membuka Sultan, karena apapun itu, Balikpapan merupakan wilayahnya,” imbuhnya.

Pesta Erau yang digelar di Kota Balikpapan ini kata Rahim, merupapakan yang kedua. Karena sebelumnya tahun 2012 lalu juga sudah digelar Pesta Erau. “Kita berharap Pesta Erau ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun,” ujarnya.

Pesta Erau lanjutnya, secara tidak langsung akan berdampak positif bagi sektor pariwisata, termasuk bidang usaha lainnya. “Sudah pasti ada manfaat, pekerja seni dan budaya sudah pasti bisa hidup, kalau itu sudah mulai, jaringan akan terbangun, menambah wawasan dari bidang seni dan budaya, termasuk sejarahnya,” ucap Rahim.

Apalagi kata Rahim, hal itu sejalan dengan visi Balikpapan, sebagai kota pariwisata. Sehingga diharapkan wisatawan domestic maupun internasional berkunjung ke Balikpapan yang tentunya akan meningkatkan jumlah hunian hotel. “Apalagi Balikpapan kan merupakan pintu gerbang Kaltim, dan pintu gerbang pariwisata,” pungkasnya.