Polda Kaltim Bentuk Tim Khusus Anti Narkoba
14 November 2013
Proyeksi Kas Balikpapan Rp 2,2 T
15 November 2013

Balikpapan Bagi 30 Mobil Untuk Puskesmas

Rizal Effendy

Rizal Effendy

NewsBalikpapan –

Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur membagi 30 mobil operasional bagi seluruh puskesmas setempat. Penyerahan bantuan kendaraan tersebut dilakukan bertepatan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-49.

Penyerahan secara simbolis dilakukan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi kepada Puskesmas Kelurahan Prapatan. Walikota didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Muryani, Camat Balikpapan kota dan Lurah Prapatan, menyerahkan satu unit mobil Daihatsu Xenia warna putih kepada Kepala Puskesmas Prapatan Lis Indrawati.

“Agar menambah semangat rekan-rekan khususnya di jajaran kesehatan dalam rangka menciptakan keluarga yang sehat, keluarga yang kuat, dan juga  mandiri,” kata Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendy, Rabu (13/11).

Diharapkannya, bantuan kendaraan operasional tersebut, akan lebih meningkatkan pelayanan kesehatana kepada masyarakat. Apalagi kata Rizal H bertepatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini akan disambut dengan suka cita karena Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan segera launching    serentak di seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Dyah Muryani berharap agar mobil operasioan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sehingga tidak lagi harus menggunakan mobil ambulance untuk operasional.

“Saya berharap dengan adanya mobil operasional ini dapat mengembalikan fungsi dari mobil ambulance. Tidak ada lagi yang menggunakan mobil ambulance untuk kegiatan-kegiatan lain selain membantu masyarakat. Jadi kapan pun dibutuhkan oleh masyarakat mobil ambulance selalu siap sedia,” terangnya.

Sebanyak 27 puskesmas masing-masing mendapat bantuan satu kendaraan operasional termasuk tiga UPTD yakni Jamkesda, Farmasi dan Laboratorium. “Total 30 kendaraan, ini serentak kita berikan yang lain tinggal ambil di dealer,” ucapnya.

Sementara untuk mobil ambulance juga ada penambahan dua unit khususnya untuk Puskesmas 24 jam  termasuk puskesmas luar kota seperti Karang Joang dan Kariangau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *