Persiba Bantai Deltras Skor 4 – 1 Amankan Hariadi
18 February 2012
Balikpapan Sosialisasi E-KTP Tingkat Kelurahan
19 February 2012

Balikpapan Akan Manfaatkan Air Bersih Dari Kukar

Balikpapan – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan memanfaatkan air waduk di Kecamatan Sambija kabupaten Kutaikertanegara (Kukar)untuk melayani masyarakat Balikpapan. Debit pasokan air yang ada di waduk Samboja sekitar 200 liter/detik. Namun saat ini baru dimanfaatkan sekitar 50 persen oleh PDAM Kabupaten Kukar. Kepala badan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Balikpapan Suryanto mengatakan secara informal, Walikota Balikpapan Rizal Effendi sudah berbicara dengan Bupati Kukar Rita Widyasari dan telah mendapat persetujuan untuk pemanfaatan waduk Samboja. Waduk ini berjarak sekitar 40 kilometerdari kota Balikpapan.

“Saat rakor gubernur di SAmarinda, pak wali sudah bicara dengan bu rita, dan ok katanya. Nanti kita akan lanjutkan pembicaaran informal itu agar kita bisa manfaatkan air waduk Samboja. Air diwaduk itu tinggal dipakai saja ,” terang Suryanto (19/2).

Menurut Suryanto, jika disetujui, PDAM Kota Balikpapan akan membangun jaringan pipa sepanjang 40 kilometer untuk menambah pasokan air bersih. “Untuk mengurangi deficit air kita yang sekarang 265/liter/detik. Kita sudah surati Gubernur sebagai kordinator wilayah, masih kita tunggu. Kalau Gubernur setuju, Bupati setuju   maka pipa itu 2012 bisa langsung di pasang dan 2013 bisa dinikmati,” ujarnya.

Suryanto mejelaskan alasan pemkot berminat dengan air waduk Samboja, dikarenakan pemanfaatan air tersebut lebih cepat dibandingkan harus menunggu selesainya pembangunan waduk Tritip dan Sungai Wain yang diperkirakan tahun 2016 mendatang.

“ Kita dapat disarankan dari Badan wilayah sungai III, sudah bisa cepat dinikmati oleh masyarakat Balikpapan. Itu tinggal pakai saja kok, kalau Wain dan Tritip itu masih lama, sertifikasi bendungan saja belum keluar, tubuh bendungan belum tunggu sertifikasi dulu . Jadi itu masih lama. Kalau DED sudah ada sekarang lagi dinilai oleh tim sertifikasi kalau ya baru dibangun,” terangnya.

Jika pemerintah kota sudah memiliki waduk Tritip, Sungai Wain dan juga disetujui pemanfaatan waduk Sambo ja maka PDAM kota memiliki kelebihan supply air baku hingga 250 liter/detik. “Sekarang inikan defisitnya 255 liter/detik.kalau ditambah Samboja 100 liter/detik kita defisitnya tinggal 155 liter/detik. Terus Waduk Wain dan Tritip masing-masing 200 liter/detik. Kalau itu teralisasi semua,” tandasnya.

Dengan pemanfaatan air baku waduk Samboja tambah Suryanto, pemerintah kota nantinya akan membayar pajak pemanfaatan air tanah kepada kabupaten Kukar. “ Itu salah satunya yang diperoleh Kukar,” tambahnya.

PDAM kota tambah Suryanto telah menyanggupi hal itu sedangkan posisi pemkot hanya memfasilitasi dengan harapan masyarakat dapat menikmati kebutuhan air bersih lebih mudah. Seperti diketahui hingga kini PDAM kota telah melayani sekitar 80.297 pelanggan dengan tingkat pelayanan baru mencapai 70,7 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *