Kebun Raya BalikpapanNewsBalikpapan –

Provinsi Kalimantan Timur bersiaga kebakaran hutan di sejumlah kawasan meliputi Samarinda, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Kutai Timur dan Bontang. Terpantu sebanyak 35 titik api di sejumlah kawasan hutan kota/kabupaten di Kaltim.

“Selama Februari terpantau ada 35 titik api,” kata Kepala Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan Kaltim, HM Faisal, Sabtu (1/3).

Faisal mengatakan ada kemungkinan titik api akan meningkat jumlahnya pada bulan Maret ini. Pengalaman tahun lalu, bulan Maret selalu menjadi siaga satu permasalahan kebakaran hutan.

“Memasuki bulan kemarau di Kaltim,” ujarnya.

Hanya saja lanjutnya, biasanya memasuki bulan April hingga Mei titik api justru turun. Namun dia tidak bisa memastikan penyebabnya.  Namun memasuki Juni hingga Oktober kembali, biasanya ditetapkan menjadi siaga satu.

Menurutnya, rata-rata satu lahan yang terbakar mencapai puluhan hektar, kebakaran itu mayoritas disengaja, karena pembukaan lahan baru.  Tahun lalu kata Faisal, jumlah titik api yang terpantau hingga akhir Desember cukup tinggi mencapai sekitar 1.100-an.

Dia juga mengeluhkan jumlah personil yang terbatas, karena di Kaltim justru hanya baru ada dua Kantor Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan. Wilayah Kaltim bagian Selatan maupun Kaltim bagian Tengah yang baru awal tahun 2014 diresmikan.