Kantor Disnakersos Balikpapan Pindah
17 April 2012
SMK Negeri 6 Balikpapan Rekruit 100 Siswa
19 April 2012

Aparatur Pemerintah Harus Disiplin dan Profesional

Balikpapan – Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Sayid MN Fadli berpendapat aparatur pemerintah dituntut untuk terusmeningkatkan kinerjanya guna merealisasikan program reformasi birokrasi yang di dengungkan pemerintah pusat. Sayid mengatakan reformasi birokrasi berhubungan dengan budaya etos kerja karena menjadi parameter bagi tingkat produktifitas. "Ini sudah keseharian kita. Tinggal bagaimana menularkan dengan staf terkait dengan disiplin dan etos kerja profesional," ujarnya.

Dalam reformasi birokrasi terdapat lima tujuan reformasi birokrasi seperti good governance, aparatur yang profesional dan bermoral, kinerja tinggi dan akuntabel, pelayanan prima, dan pembangunan bangsa yang berkarakter.

Ia menambahkan pemerintah sering dijadikan sasaran kritik oleh masyarakat akibat ulah oknum yang merusak citra pemerintah. Untuk itu, aparatur pemerintah harus menunjukkan bukti melalui performa dan kinerja yang baik.

”Program ini bagian dari itu sebagai upaya meningkatan disiplin dan kinerja aparatur yang kerap disorot oleh masyarakat,”katanya.

Pelaksanaan good governance, imbuh Sayid, dinilai secara langsung oleh masyarakat melalui kualitas layanan. Apabila masyarakat berpandangan bahwa kualitas layanan tidak baik, maka good governance tidak berjalan dengan baik.

“Sebaliknya, kalau masyarakat menilai baik maka good governance juga bisa dikatakan berhasil,” tukasnya. 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *