Pemkot Ngotot Naikkan Tunjangan Pegawai
15 October 2012
Kalah Pamor Museum Dari Monster Sangata
16 October 2012

AJI dan IWB Kecam Aksi Brutal Perwira TNI AU

wartawan dicekik(1)Balikpapan -

Ikatan Wartawan Balikpapan (IWB) mengecam aksi pemukulan terhadap wartawan Riau Pos (Jawa Pos Grup) yang dilakukan Letkol Robert Simanjuntak ketika melakukan peliputan pesawat TNI-AU yang jatuh di Riau.

 "Pemukulan oleh aparat itu tidak boleh terjadi dan mestinya sangat dilarang. Sebagai aparat jgn pernah bertindak kasar diluar batas," kata Ketua IWB Syarifudin Rio kepada Balikpapan Pos lewat ponsel tadi malam.

Aksi pemukulan ini kata Rio sapaan akrab Syarifudin Rio, adalah kegagalan pejabat tinggi TNI dan pemerintah dalam melindungi keselamatan kerja wartawan.

 “Para pejabat tinggi TNI mestinya memberikan arahan atau perintah yang baik kepada anggotanya dilapangan agar tidak melakukan kekerasan terhadap wartawan yg bertugas melakukan peliputan,” harapnya.

Menurutnya wartawan adalah pekerja sosial yang bertugas sebagai pemberi informasi kepada negara dan masyarakat sehingga perlu dilindungi.

 “Kasus penganiayaan terhadap wartawan sudah sering terjadi namun pelakunya tidak satupun yang dijerat dengan undang-undang pers sehingga cenderung tidak dihukum berat,”pungkasnya.

 Hal senada juga diungkapkan Ketua Aliansi Jurnalistik Indonesia (AJI) Balikpapan S.G. Wibisono. Ia mengatakan, tindakan ini merupakan bentuk represif TNI dalam mengatasi berbagai kejadian, khususnya kepada jurnalistik. Untuk itu AJI Balikpapan mengutuk segala bentuk tindakan dalam menghalangi kebebasan pers.

 “Kejadian ini jelas-jelas adalah upaya menghalangi kerja insan pers,” tandas Wibi yang juga wartawan Tempo di Balikpapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *