sekolahBalikpapan –

Hari kedua pelaksanaan ujian nasional di Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) ada sekitar 8 siswa yang tidak mengikuti UN, karena sakit, termasuk ijin karena lagi mengkuti pertandingan dan tanpa keterangan.

Ketua Panitia UN Kota Balikpapan Wahyudi, mengatakan, dari 8 siswa yang tidak ikut

UNI itu, 6 siswa SMA dan 2 siswa SMKdari jumlah seluruh peserta UN sekitar 7.537 siswa.

“Kalau untuk SMA itu ada 6 siswa yang tidak hadir, 4 karena sakit, 1 tanpa keterangan dan 1 karena mengikuti pertandingan sehingga yakni Chelsie Monika dia ikut pertandingan catur, memang sudah ijin dari hari pertama,” ucapnya.

Sedangkan untuk SMK kata Wahyudi, ada 2 siswa yang tidak tidak bisaikut UN karena sakit dan tanpa keterangan. Mereka yang tidak hadir UN tersebut, masih diberikan kesempatan mengikuti ujian susulan, setelah UN selesai.

“Mereka punya hak yang sama untuk ikut UN susulan, mereka akan ikut UN susulan setelah UN selesai, kan selesainya Kamis, jadi setelah itu bisa ikut UN,” tuturnya.

Wahyudi mengatakan khusus untuk pelaksanaan UN hari pertama Jumat (17/4) lalu, ada 17 siswa yang tidak ikut UN. Mereka tidak hadir karena sakit, dan tidak mengetahui, UN digelar pada Jumat, bukan Senin.

“Karena tidak tahu UN digelar Jumat, selain itu juga kan hari Jumat itu hujan sejak pagi, jadi mereka absen,” bebernya.

Namun dia bersyukur pelaksanaan UN hari kedua berjalan lancar tanpa ada kendala, tepat dimuai pukul 07.30 wita. “Tidak ada masalah,semua berjalan seperti keinginan kita, berjalan lancar untuk pelaksanaan UN hari kedua ini,” tuturnya.

Begitupun terkait materi ujian yang sebelumnya belum lengkap diterima Dinas Pendidikkan Kota Balikpapan, karena masih ada 7 sekolah yang belum menerima materi ujian secara lengkap, sudah diatasi.

“Kalau menyangkut materi ujian yang belum lengkap, sesuai petunjuk SOP-nya sudah kita gandakan (foto copy) pada Sabtu malam lalu, jadi tidak ada masalah, sekolah yang tidak mendapatkan materisoal, mereka gunakan yang foto copy,” tukasnya.