Jatam Kaltim Laporkan Perusahaan Asal Inggris
15 February 2012
Pemda Harus Buat Kebijakan Pengaturan BBM bersubsidi
16 February 2012

Gedung DPRD Balikpapan Dibangun 2013

Balikpapan – Pembangunan fisik Gedung DPRD Kota Balikpapan rencananya akan dimulai tahun 2013 mendatang. Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan sedang dalam proses pembebasan lahan, kemudian akan melakukan proses lelang.  “Kita percepat pembangunan. Kalau lelang belum karena masih proses pembebasan lahan, terus DED, tapi lelang akan dilakukan tahun ini dan tahun depan diharapkan sudah proses pembangunan fisiknya,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Balikpapan Suryanto, Kamis (16/2). 

Menurut Suryanto, luas lahan yang sedang diberbaskan 5 hektar. Lokasi Gedung DPRD Kota Balikpapan berada di wilayah Jalan Yoes Syarifuddin Yoes atau depan Gedung Polda Kaltim dan tidak jauh lokasi dengan rencana pembangunan perumahan dewan yang berada dikawasan Regency

“Lahan yang dibebaskan seluas 5 hektar, harganya sesuai NJOP. Sambil kita susun DEDnya, Kalau sudah dibebaskan semua kita sertifikatkan tanahnya. Sekarang PU lagi susun DED tahun ini selesai,” terangnya.

Sementara gedung Dewan yang lama kata Suryanto, akan dibongkar karena lahannya akan dimanfaatkan untuk ruang publik. Rencananya akan dibangun jalan dari pantai ke kanttor Walikota Kota Balikpapan yang menghubungkan ke area publik.

“Rumah dewan sudah ada siteplan sudah disusun, DEDnya belum, mungkin gedung dewan dulu baru rumah dewan. Rumah dewan mungkin untuk periode yang akan datang,” katanya.

Namun ia tidak dapat memastikan besaran pembagunan gedung DPRD baru ini, namun direncanakan wakil rakyat akan memiliki kantor yang lebih representative. direncanakan berlantai lima hingga enam yang nantinya akan dibuat ruangan per komisi. Direncanakan pembuata DED gedung dewan sekitar Rp3 miliar. 

“Kalau nggak salah nilai DED sebesar itu tapi yang pasti pak Arsyad (Kabag Perlengkapan Kota Balikpapan) yang tahu,” tandasnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *