“Rabu lalu sudah kita lakukan  pengukuran. Kita akan bebaskan di 2012 ini sekitar 40 hektar lagi. Kan sebelumnya provinsi sudah punya 60 hektar dan 20 hektar. Jadi di 2012  APBD Murni in kita bisa selesaikan 120 hektar lahan untuk ITK,” kata Kabag Perlengkapan M. Arsyad Perlengkapan, Kamis (12/1).

Dalam APBD Kota Balikpapan 2012, Pemkot Balikpapan mengalokasikan dana pembebasan lahan sebasar Rp5 miliar dan ditambah dari Pemerintah Provinsi Kaltim sebesar Rp1,5 miliar. 

“Di APBD perubahan 2012 kita akan kembalikan alokasikan Rp10 miliar.  dana  berasal dari provinsi dan kota masing-masing separuhnya,” ucap Arsyad.

Sedangkan Sisa pembebasan lahan akan dilakukan pada APBD 2013 mendatang. Ia memastikan saat ini lurah bersama tokoh masyarakat terus melakukan sosialisasi pembangunan ITK yang membutuhkan lahan hingga 300 hektar.

“Jadi sambil pembangunan fisik kita lakukan terus pembebasan lahan sehingga 2013 mendatang semua lahan yang dibutuhakn 300 hektar terpenuhi,” terangnya.

“Semua tanah yang akan dibebaskan itu tanah kosong berupa perkebunan tidak ada rumah warga. Dan mereka yang akan kita bebaskan bersedia, mudah-mudahan tidak ada halangan,” harapnya.

Pembangunan fisiknya rencananya akan dimulai pada 2012 mendatang pada pertengahan tahun ini. Kementerian Diknas telah alokasikan tahun ini dana pembangunan fisik sebesar dan laboratorium sebesar Rp55 miliar.

“Itu untuk fisik gedung tidak ada alokasi untuk pembebasan lahan karena lahanya kita dan provinsi yang siapkan,” tandasnya.