Ke-2.750 pucuk pohon yang ditanam Senin ini tersebar di tiga kegiatan penanaman terpisah di Balikpapan. Pemkot menggelar acara resmi penanaman di kawasan tangkapan air (catchment area) PDAM Balikpapan di Km 15 Jalan Soekarno-Hatta, Karang Joang. Di sini 2.000 bibit pohon trembesi, mahoni, dan beberapa jenis pohon khas Kalimantan ditanam serentak oleh 776 peserta kegiatan.

“Mulai dari murid SD hingga tentara. Bahkan hujan lebat yang turun tidak mengurangi semangat peserta,” sambung Soufian. Acara di Karang Joang ini dipimpin langsung oleh Kepala BLH.

Pada hari yang sama PLN Kaltim berhasil menanam 350 bibit mangga, rambutan, dan matoa di sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Batakan, Jalan Mulawarman, Manggar, Balikpapan Timur. Warga Kecamatan Balikpapan Tengah menanam 300 pohon , dan warga Kariangau, Balikpapan Utara, menanam 150 bibit trembesi.

Menurut Soufian, gerakan penanaman pohon ini masih akan terus berlanjut di Balikpapan. Pada 3 Desember mendatang, giliran sejumlah perusahaan minyak dan gas yang beraksi. Pada tanggal itu, Chevron Indonesia Company yang perkantorannya di puncak Pasir Ridge, salah satu daerah rawan longsor di Balikpapan, akan menanam sedikitnya 1.000 pohon di Hutan Kota Telaga Sari.

“Chevron akan menanam di area seluas 1,5 hektare di Hutan Kota Telaga Sari, hutan kota yang tepat berada di belakang perkantoran mereka di Pasir Ridge,” kata Soufian.

Pada tanggal yang sama, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Balikpapan akan melakukan penanaman 1.000 pohon mangrove berbagai jenis di kawasan Mangrove Balikpapan di Margo Mulyo, Balikpapan Barat.

“Selanjutnya tanggal 10 Desember, sejumlah perusahaan minyak dan gas yang berkantor di pesisir timur Balikpapan akan menanam 5.000 bibit mangrove di Manggar dan Teritip,” papar Soufian. Total Exploration and Production Indonesie (TEPI) menjadi sponsor utama penanaman tanggal 10 Desember tersebut.

Total adalah perusahaan penanaman modal asing dari Perancis yang menjadi operator Blok Mahakam, yang mengeluarkan ribuan kaki kubik gas dan ratusan barrel minyak per hari.